Sabtu, 24 November 2012

Jenis-jenis Sistem Informasi

Dalam suatu sistem terdapat bebrapa jenis-jenis sistem yang saling mebedakan satu sistem dengan satu sistem lainnya, berikut jenis-jenis sistem informasi beserta sedikit pengertiannya:

1. Proses Sistem Transaksi
Sistem yang terkomputerisasi berfungsi menghitung atau memproses data dalam jumlah besar untuk sebuah transaksi bisnis yang dilakukan sehari-sehari. merupakan sistem tanpa batas yang memungkinkan suatu organisasi atau perusahaan berinteraksi dangan lingkup yang cukup jauh.

2. Office Automation System (OAS) dan Knowledge Work System (KWS)
OAS yang sudah kita kenal seperti word proessing, spreadsheets, destop,publishing, electronic scheduling dan komunikasi melalui voice mail, email, dan video confrencing. Knowledge Work System (KWS) mendukung para pekerja profesional seperti ilmuwan, insinyur, dan doktor dengan membantu mereka menciptakan pengetahuan baru dan memungkinkan mereka mengkontribusikannya ke organisasi atau masyarakat.

3. Sistem Informasi Manajemen
Adalah sistem informasi yang sudah terkomputerisasi yang bekerja karena adanya interaksi antara manusia dan komputer. Menghasilkan output informasi yang digunakan untuk membuat keputusan. 

4. Sistem Pendukung Keputusan
adalah Kelas sistem informasi terkomputerisasi pada level yang lebih tinggi. Dapat juga dikatakan sebagai sistem komputer yang mengolah data menjadi informasi untuk mengambil keputusan dari masalah semi-terstruktur yang spesifik.

5.Kecerdasan Buatan
Sebuah program komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang pakar (human expert). 

6. Dukungan Eksekutif Sistem
Sistem yang membantu para eksekutif untuk mengatur interaksi terhadap lingkungan eksternal dengan menyediakan grafik-grafik di tempat-tempat yang dapat diakses seprti kantor. Dukungan eksekutif sistem dapat pula digunakan untuk memecahkan problem yang tidak terstruktur.


Daftar Pustaka
  • http://henriyudha.blog.ugm.ac.id/2011/03/08/jenis-jenis-sistem-informasi/ 
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_pendukung_keputusan
Jenis-Jenis Sistem Informasi Berdasarkan departemen pendidikan sistem dibagi atas beberapa jenis : a. Sistem Informasi Akuntansi Sistem informasi akuntansi adalah kumpulan sumber daya yang dirancang untuk mentransformasikan data keuangan menjadi informasi. b. Sistem Informasi Keuangan Sistem informasi keuangan adalah sistem untuk mendukung bagian keuangan dalam pengambilan keputusan yang mengangkut persoalan keuangan sekolah dan pengalokasian serta pengendalian sumber daya keuangan dalam lingkungan sekolah. Misalnya : ringkasan arus kas, informasi pembayaran. c. Sistem Informasi Manufaktur Sistem informasi manufaktur adalah sistem yang digunakan untuk mendukung fungsi produksi yang mencakup seluruh kegiatan yang terkait dalam pembayaran dan pembelian inventaris sekolah dan alat-alat tulis. d. Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Sistem informsi dumber daya manusia adalah sistem informasi yang menyediakan informasi yang dipakai oleh fungsi personalia. Misalnya : berisi informasi gaji

Original from: http://globalonlinebook.blogspot.com/2009/08/jenis-jenis-sistem-informasi.html
Visit Us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar