Sabtu, 24 November 2012

Komponen-komponen Sistem Informasi

Kita tau bahwa Sistem Informasi terdiriri dari beberapa komponen. Komponen tesebut diantaranya adalah komponen input, komponen output, komponen model, kompenen teknologi, komponen softwere, komponen hardwere, komponen basis data dan komponen kontrol.

1. Komponen Input
Merupakan komponen yang memasukkan data (Input) kedalam Sistem Informasi. Disini komponen input menangkap data yang akan diolah untuk menjadi suatu informasi yang berguna.

2. Komponen Output
Berbanding terbalik dengan komponen input, dimana hasil sistem informasi berupa data atau dokumentasi yang baik akan di keluarkan. Dan dapat digunakan menjadi informasi yang penting

3. Komponen Model
Terdiri dari kaombinasi prosedur, logika, dan model matematik. yang akan memanipulasi data dengan cara yang sudah ditentukan dan akan menghasilkan keluaran yang telah diinginkan.

4. Komponen Teknologi
Dimana komponen ini digunakan untuk menginput data, menjalankan model, menyimpan data, mengakses data, menghasilkan dan mengeluarkan keluaran serta membantu mengendalikan sistem secara keseluruhan.

5. Komponen Software
Komponen yang berperan sangat vital sebagai alat penyimpanan sebuah data informasi. dimana komponen ini berfungsi sebagai penampungan data. komponen ini dapat dikatakan juga sebagai komponen yang mempermudah atau memperlancarkan kerja dari sistem informasi itu sendiri.

6. Komponen Hardwere
Software berfungsi sebagai tempat untuk mengolah,menghitung dan memanipulasi data yang diambil dari hardware untuk menciptakan suatu informasi.

7. Komponen Basis Data
Merupakan kumpulan data yang saling berkaitan yang disimpan didalam hardwere. berguna untuk membuat suatu keluaran informasi yang berkualitas.

8. Komponen Kontrol
Banyak hal yang dapat merusak suatu sistem informasi diantaranya adalah bencana alam. Disinilah komponen kontrol itu digunakan, karena komponen ini dapat mencegah rusaknya suatu sistem atau kalupun sudah terjadi kerusakkan komponen ini dapat mempercepat memperbaikki sistem informasi.
  
Daftar Pustaka 
  • http://apr1l-si.comuf.com/komponen.php
  • http://sisteminformasi.wordpress.com/2007/01/23/komponen-sistem-informasi/
  • http://sisteminformasi.wordpress.com/2007/01/23/komponen-sistem-informasi/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar